Mengenal untuk Memahami

0
38

Observasi adalah pengamatan untuk memahami sesuatu. Observasi dapat dilakukan pada objek benda, peristiwa ataupun manusia. Begitu pula dalam berteater, observasi adalah tugas penting bagi aktor. Aktor yang baik tidak hanya meniru atau membawakan peran dengan pura-pura, tetapi berusaha memberi jiwa pada karakter tokoh yang diperankan. Permainan yang terasa hidup, natural dan tidak dibuat-buat bisa dicapai dengan bantuan observasi.

Melalui observasi, subjek dapat mengungkap deskripsi objektif antar individu dan hubungan antara individu dengan lingkungan. Dengan merekam tingkah laku dan timbulnya ekspresi wajar, teknik observasi membantu aktor ke proses peniruan yang terlihat wajar.

Observasi membantu aktor mengelola pikiran dan rasa. Seorang aktor, sebagai subjek observasi dapat mengetahui secara detail apa-apa saja yang terdapat pada, atau apa yang menjadi sifat, atau bagaimana relasi objek pengamatan dengan lingkungannya. Pada akhirnya subjek observasi akan sampai ke tingkat rasa, sebagai reaksi dari pengamatan ekspresi wajar pada objek, ia akan bisa merasakan apa yang dirasakan objek observasinya.

Contoh, ketika seorang aktor harus berperan menjadi orang tunawicara, maka ia harus mengamati seorang tunawicara. Kemudian sebagai hasil observasi, si aktor akan menggunakan akalnya untuk meniru dan menggunakan perasaannya untuk meyakinkan penonton akan tindak-tanduk selayaknya seorang tunawicara. Ia harus merasakan dan memahami apa yang bisa terpikirkan dan dirasakan seorang tunawicara.

Metode pembelajaran dengan observasi, jika dibawa ke dalam keseharian, akan meningkatkan kepekaan terhadap kehidupan orang lain. Selain itu, observasi juga meningkatkan tingkat simpati dan empati seseorang terhadap keadaan orang lain.

Peka terhadap sesama dan lingkungan merupakan modal awal untuk hidup yang lebih baik. Karena dengan kepekaan, maka kepedulian akan tercipta. Dan, kepedulian akan membawa perdamaian bagi semua.

SHARE
Nanda Fitri Supriani
Lulusan jurnalistik yang lulus dengan indeks prestasi di atas tiga. Mencoba bahagia dengan cara tersendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here