Kesadaran Tubuh

0
8

Manusia terbentuk dari keberadaan roh, jiwa, dan fisik. Ketiganya berinteraksi demi mencapai kehidupan manusia seutuhnya. Gerak roh, akal, fisik ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya kesadaran individu yang bersangkutan untuk mengelolanya.

Dunia teater tidak lepas dari pengelolaan tersebut. Untuk memainkan suatu peran, aktor mempergunakan tubuh, jiwa dan rohnya untuk meyakinkan penonton akan peran yang ia bawakan. Aktor yang baik harus selalu melatih dan mengolah tubuhnya untuk mencapai elastisitas dan fleksibilitas agar dapat menggerakkan tubuhnya sesuai dengan kebutuhan memainkan perannya. Olah tubuh melatih kesadaran aktor akan tubuhnya sendiri dan bagaimana mendayagunakan tubuh untuk kepentingan artistik.

Sadar atau tidak, tubuh manusia berkemampuan mengingat semua yang pernah dialaminya. Tubuh manusia adalah suatu sistem yang organ-organnya saling berkaitan. Sebuah penelitian menerangkan bahwa gerakan rahang mengunyah berpengaruh dengan kinerja otak. Penelitian tersebut menunjukkan ketika mulut melakukan gerakan mengunyah dengan permen karet, daya tanggap otak menjadi lebih cepat sepersekian detik. Analogi dalam penelitian itu adalah ketika dalam permainan baseball boladilempar oleh pitcher, hanya butuh waktu kurang dari sedetik untuk sampai di tangan catcher.

Olah tubuh berarti mempersiapkan tubuh untuk melakukan segala sesuatu. Tubuh yang dilatih akan lebih mampu tanggap terhadap suatu keadaan dan mengatasinya. Membuat tubuh menjadi manja atau disiplin adalah pilihan.

SHARE
Sedang serius belajar komunikasi dan teater. Masih belum mampu untuk membedakan antara realis dan absurd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here