Semangat Berkarya untuk Indonesia

0
6

Generasi muda adalah simbol semangat untuk melanjutkan perjuangan pahlawan, terutama semangat berkarya. Bertepatan pada peringatan Hari kemerdekaan Indonesia (17/08), Barry Likumahua Project (BLP) menggelar sebuah konser bertajuk Generasi Synergi for Unity di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Jakarta. Menggandeng duo BubuGiri dan Nikki Thierry, BLP ingin memberikan semangat sinergi untuk generasi muba berkarya.

Acara dibuka dengan upacara bendera di dalam gedung pertunjukan. Semua penonton berdiri dan memberi hormat pada sang merah putih di dalam layar atas komando salah seorang personil BLP. Lagu Indonesia Raya berkumandang. Selanjutnya adalah mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Barry Likumahua dengan permainan bassnya yang syahdu.

BLP yang beraliran soul, funk dan jazz ini menyanyikan lagu Hari Merdeka sebagai lagu pembuka. Beberapa instrumen musik yang mampu membuat kepala tak hentinya bergerak mengikuti irama lagu. “Senang sekali kami bisa main bertepatan dengan hari jadinya bangsa Indonesia, terlepas dari segala kekurangannya. Gue cinta banget dengan bangsa ini. Dan inilah bentuk cinta kita, lewat musik,” ujar Barry di sela lagunya.

Semangat atas kecintaan terhadap negeri ditularkan BLP lewat lagu-lagu yang dibawakan. Barry Likumahua sangat ekspresif di atas panggung, mengajak semua bergoyang dengan permainan bass yang indah. Kemudian Duo BubuGiri feat BLP mendendangkan lagu Zamrud Khatulistiwa. Suara bening dari Nikki Thierry yang menyanyikan lagu Tanah Air semakin membuat acara meriah.

Alunan saksofon mengisi ruang dengar dengan merdu beradu dengan betotan bass, dentingan keyboard,tabuhan drum dan petikan gitar yang tajam adalah bukti semangat generasi muda yang bersinergi dalam kesatuan. Sesuai dengan semangat kemerdekaan, acara ini mengajak generasi muda untuk semangat dalam berkarya dengan bidang kita masing-masing demi membangun bangsa.

“Lo lahir di bangsa ini, lo lahir di Indonesia dan sudah waktunya Indonesia lahir dihati kita semua!” seru Barry.

Barry, yang merupakan keponakan dari musisi kenamaan Utha Likumahua ini juga menambahkan, sebagai bangsa dengan masyarakat yang majemuk Indonesia sudah saatnya tidak meributkan segala perbedaan yang ada. “Suku, agama dan ras adalah isu yang paling sensitif di negeri ini tapi bukan berati hal tersebut dapat merusak persaudaraan kita sebagai sesama warga negara Indonesia. Mindset kita harus dibenahi, segala perbedaan adalah warna yang indah.

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang berarti bangsa kita telah berbeda-beda dalam suku, ras dan agama sejak dahulu kala tapi tetap satu bangsa dengan bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa. Pesan inilah yang ingin disampaikan BLP, berkarya melalui musik demi memajukan bangsa melalui seni.

Seni dipercayainya sebagai salah satu pemersatu bangsa. Lewat seni musik BLP ingin memajukan industri musik dalam negeri, untuk mempertahankan kecintaan terhadap musisi lokal di tengah gempuran lagu-lagu dari negara asing.

Pesan yang membangun dari acara ini harusnya membuat kita tersadar akan peran kita sebagai generasi penerus bangsa, apapun bidang pekerjaan yang digeluti hanya satu tujuannya. Yakni untuk membangun bangsa, membuka cakrawala pemikiran dan bersinergi dalam satu kesatuan, Indonesia.

Selamat ulang tahun Indonesia!

SHARE
Selira Dian
Mulai berteater sejak 2009 di Festival Teater SLTA Se-Jabodetabek. Meminati kajian media dan seni pertunjukan teater.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here