Nasi Tak Sendirian

0
34

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang wajib dikonsumsi setiap hari. Bahkan ada yang bilang kalau belum makan nasi namanya belum makan. Maka tak heran, selalu tak lengkap rasanya makan tanpa nasi. Tapi tahukah kamu kalau makanan pokok lain yang kandungan karbohidratnya tak kalah dengan nasi?

Sebagai negara subur yang tanahnya dapat ditumbuhi berbagai macam tanaman pastilah memiliki tanaman yang dapat dijadikan makanan pokok. Namun belum semua rakyat Indonesia mengetahui tanaman apa saja selain nasi yang dapat dijadikan makanan pokok. 

Ubi Jalar

Dalam beberapa tahun terakhir ini ada gerakan kecil untuk mengenalkan ubi jalar sebagai pilihan makanan pokok selain beras. Setidaknya dapat dikonsumsi sebagai selingan agar tidak hanya mengandalkan beras. Secara nilai kecukupan gizi, karbohidrat pada ubi jalar dapat menggantikan beras. Selain itu juga mengandung sejumlah vitamin dan DHEA (Dihydroepiandrosterone) yang dipercayai sebagai induk hormon yang penting.

Indonesia memiliki beberapa jenis ubi jalar. Semuanya memiliki kandungan gizi yang sama. Kelebihan ubi jalar adalah harganya relatif rendah dibanding beras, lebih mudah dibudidayakan dan cepat panen. Manfaat lain ubi jalar adalah kandungan seratnya yang tinggi. Daunnya pun dapat diolah menjadi sayur. Kejelian pemerintah untuk mengajak masyarakat memilih ubi jalar sebagai makanan pokok alternatif mengurangi resiko kekurangan bahan pangan dan gizi.

Hendaknya sejumlah kelebihan tanaman yang bernama ipomoea batatasini bisa lebih dimasyarakatkan. Sebagai negara maju Jepang telah banyak memanfaatkan ubi jalar sebagai bahan makanan yang bernilai gizi tinggi dan ekonomis.

Jagung

Tanaman yang memiliki nama latin Zea Mays ini mengandung anti-oksidan dan kaya akan betacaroten yang merupakan pembentuk vitamin A. Harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan beras, namun nilai gizinya tak kalah baik. Selain itu jagung merupakan sumber asam lemak esensial linolenat yang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kulit serta kaya akan serat. Saat ini jagung menjadi makanan pokok warga Madura dan Nusa Tenggara. 

Sagu

Kita mengenal sagu adalah makanan pokok orang Maluku dan Papua. Namun ternyata pohon sagu tidak melulu hidup di tanah Papua atau Maluku. Pohon yang mirip enau ini dapat kita jumpai di daerah lain di Indonesia. Ia berpotensi sebagai diversifikasi pangan.

Sagu adalah tepung yang diperoleh dari pemrosesan teras batangrumbia atau pohon sagu (Metroxylon sago). Tepung sagu memiliki karakteristik fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka sehingga namanya acap kali dipertukarkan, meskipun kedua tepung ini berbeda.

Sagu dapat diolah menjadi  papeda, semacam bubur, atau dalam bentuk-bentuk lain. Sagu sendiri dijual sebagai tepung curah maupun yang dipadatkan dan dikemas dengan daun pisang. Selain itu, saat ini tepung sagu juga diolah menjadi mie dan mutiara.

Sebagai sumber karbohidrat, sagu memiliki keunikan karena tumbuh di daerah rawa-rawa (habitat alami rumbia). Kondisi ini memiliki keuntungan ekologis tersendiri, walaupun secara ekonomis kurang menguntungkan yaitu menyulitkan distribusi.

Itulah beberapa tanaman lain yang dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok selain nasi.

SHARE
Sherly Febrina
Part-time journalist, part-time theatrical prostitute, full-time human being. Loves kretek like loving her life. Sounds paradox eh? ;)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here