Ketakutan Mematikan Kapasitas

0
18

Semua orang punya kapasitas yang selalu bisa ditingkatkan. Seiring meningkatnya kapasitas, orang akan merasa perlu untuk berkontribusi pada lingkungan sekitarnya, mulai dari yang terdekat. Mahasiswa bisa memberikan kontribusi pada lingkungan sekitarnya dengan membuat terobosan yang berdampak positif pada lingkungan sekitarnya, dan ini bisa dimulai dengan menyalurkan pikiran kritis. Salah satu caranya dengan menulis. Orang yang berani menyuarakan kritik harus berani meninggalkan zona nyaman dan siap bicara untuk kepentingan yang lebih luas dari sekedar materi.

Jangan takut untuk menulis. Hambatan terbesar selalu datang dari diri sendiri. Ketakutan hanya membuat seseorang tidak bisa memaksimalkan kapasitas yang dimilikinya. Apalagi takut akan ide. Francois Voltaire, seorang penulis dan filsuf mengatakan, “Originality is nothing but judicious imitation.” Mulailah dengan mencari wadah aspirasi yang memicu peningkatan kapasitas intelektual.

Ungkapan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan tidak akan pernah basi. Untuk merubah keadaan, harus punya pemikiran kritis akan bagaimana keadaan yang lebih baik bisa diwujudkan. Untuk punya pemikiran kritis, harus peka akan keadaan sekitar. Peka berarti tidak apatis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here