Bercermin pada Diri Sendiri

0
52

Media adalah sebuah saluran pesan, yang diharapkan khalayaknya dapat merefleksikan realitas. Sedangkan berita seharusnya merupakan representasi dari kenyataan. Mungkin pandangan positivis tersebut masih menjamur di antara kita, sehingga setiap berita atau informasi yang masuk selalu dianggap sebagai sebuah realitas.

Namun nyatanya, seberapapun objektifitas diagungkan, selalu ada celah yang melibatkan pandangan, ideologi, dan nilai-nilai dari wartawan atau media masuk ke dalamnya. Semua yang kita konsumsi dari media adalah second reality yang bisa mempengaruhi persepsi kita melihat realitas. Dalam buku Communication as Culture: Essay on Media and Society, James W. Carey mengatakan, “News is not information but drama. It does not describe the world but portrays an arena of dramatic forces and action; it exist solely in historical time; and it invite our participation on the basis of our assuming, often vicariously, social roles within in.”

Masyarakat kita kecanduan drama, karena itu formula drama juga dipakai dalam berita. Dalam drama, selalu ada pahlawan dan pihak yang dipersalahkan. Dan, media merupakan agen yang menciptakan persepsi tersebut dalam khalayak. Realitas dikonstruksi sedemikian rupa sehingga kebenaran absolut adalah nihil.

Kritik terhadap media akan tetap menjadi kritik, karena penonton tidak punya kekuatan untuk menentukan konten media. Sia-sia rasanya jika menunggu industri akan berubah haluan dan berpihak pada kepentingan publik. Seberapapun gencar sebuah media dalam mengkonstruksi realitas, namun kenyataan sesungguhnya ada dalam diri kita sendiri. Dan yang pasti, kenyataan bahwa lingkungan kita masih jauh dari kata “nyaman” tidak akan berubah bila kita tidak bertindak. Tindakan yang paling nyata dan relevan adalah memulai dari diri sendiri.  Menyikapi keadaan lingkungan sekitar, amanat Kennedy tidak pernah klise: “Ask not what your country can do for you – ask what you can do for your country”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here