Yakin

0
25

Dia orang di luar agama kita, dia jahat. Jelas dia pasti jahat karena dia berbeda keyakinan dengan kita. Karena dia berbeda maka dia jahat. Aku sungguh tertawa dan marah ketika seorang guru, guru suatu agama yang dikagumi oleh para pengikut agama yang sama. Agama yang dipercaya dan sangat diyakini, agama yang dipercaya dan sangat diyakini sempurna, agama yang dipercaya dan sangat diyakini sempurna dan sakral. Karena alasan sejarah dongeng yang entah ditulis oleh siapa menjadi yakin. Karena cerita sejarah dongeng yang diceritakan turun-menurun dari generasi ke generasi –entah dimulai dari generasi mana- maka menjadi yakin.

Memilukan, ternyata ada agama yang benar dan salah. Lalu berarti manusia dengan agama benarnya menjadi benar dan manusia dengan agama salahnya menjadi salah. Ternyata agama dijadikan alat pembenaran. Agama dianut untuk menciptakan cap siapa yang benar dan salah, dipeluk untuk memusuhi yang bukan sekelompok, dan ternyata agama yang seperti ini secara tidak langsung telah mengajarkan perselisihan antara manusia.

Aku ingin berpindah keyakinan, yang dikarenakan betapa sombongnya manusia benar dengan agamanya yang benar, dan selalu berfirman jahat terhadap manusia salah dengan agamannya yang salah. Aku ingin berpindah keyakinan, agar mereka –manusia benar dengan agamanya yang benar- menghujat bahwa aku jahat, agar aku bisa merasakan bagaimana dilahirkan di bumi karena Tuhan dengan menjadi manusia salah dengan agama salah. Yakin, mereka manusia benar dengan agamanya yang benar tidak lebih baik dari mereka manusia salah dengan agamanya yang salah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here