Membaca Prasasti

0
8

Para pelaku sejarah, khususnya pada zaman kerajaan, banyak mengajarkan cara untuk bertahan hidup kepada bangsa ini melalui ilmunya yang tertulis dalam prasasti. Prasasti bukan hanya sekedar pajangan dalam museum yang tampak berantakan. Dalam prasasti terdapat pengetahuan sejarah tentang kondisi bangsa ini.

Prasasti ialah rekaman rangkaian peristiwa yang terukir pada bebatuan maupun logam. Merupakan peninggalan dari zaman kerajaan.  Secara umum, prasasti lebih banyak membahas masalah politik dari pemerintahan yang sedang berlangsung. Pun demikian, ada beberapa prasasti yang secara samar-samar atau gamblang menggambarkan kondisi tanah nusantara yang subur dan sektor pertaniannya yang maju.

Dalam Prasasti Kamalagi (821 M) menyebutkan bahwa pemerintahan kerajaan Majapahit membebaskan pajak ladang pertanian. Dalam Prasasti Kamalagyan (1115 M) Raja Airlangga memerintahkan agar sungai Brantas dikendalikan agar tidak meluap ketika musim hujan datang. Lain halnya yang tertulis dalam Prasasti Jiwu (1486), yang mengatur perairan Majapahit secara terorganisir.

Hal tersebut cukup menegaskan bahwa sektor pertanian mendapat perhatian besar dari pemerintah. Namun yang terjadi saat ini, ketika tanah nusantara telah merdeka, pajak adalah momok yang menakutkan bagi para petani. Belum lagi harga bibit dan pupuk yang semakin tak masuk akal.

Ketika sejarah mengatakan kerajaan Majapahit menjadi besar karena mengandalkan sektor pertanian sebagai kekuatan ekonominya, namun saat ini sektor pertanian hanya dipandang sebelah mata. Tak heran bila kita harus mengimpor bahan-bahan pangan seperti beras dan kedelai dari negara lain. Sungguh ironis, tanah yang dahulu terkenal kuat dari sektor pertanian, saat ini harus membeli bahan-bahan pangan dari negara lain. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya?

SHARE
Bayu Adji P
Wartawan, namun masih berharap menjadi detektif flamboyan yang sering dipesan untuk mencari kebenaran pesanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here