Ekspresi Pemberontakan dalam Musik

0
5

Sering kita melihat dandanan jeans ketat robek, kaus sempit, atau fashion kulit dan rantai-rantai, serta aksesoris paku ala punk dikenakan anak muda, lengkap dengan rajah tubuh dan tindikan tidak hanya di kuping. Lalu sikap slengean serasarockstar. Meski ketika bersentuhan dengan realita, kehidupan bermasyarakat yang sarat dengan nilai dan norma dan kaum mayoritas, mereka diberi label negatif. Tapi justru mereka semakin melawan dominasi, memberontak kemapanan. Menapaki jejaknya, subkultur lahir dari keberadaan kekuasaan dominan yang dianggap mempunyai kepentingan dan tidak manusiawi. Subkultur tersebut tetap ada sebagai oposisi kemapanan bahkan ada role model-nya.

Kaum muda identik dengan proses pencarian jati diri. Mereka mengidentifikasikan diri demi eksistensi dan tujuan mereka. Musik dan segala pernak-pernik seperti fashion dan attitude-nya adalah salah satu medianya. Musik menjadi media komunikasi massa yang kuat dan berpengaruh (selain televisi dan internet) untuk menyampaikan sesuatu bagi kaum muda, baik dari karya maupun attitude musisinya. Mereka yang kritis cenderung mempertanyakan hal-hal di sekitarnya, termasuk ketimpangan-ketimpangan, kesenjangan sosial, dominasi kapitalisme, hingga membuat mereka mencari pandangan yang sejalan dengan mereka. Musik dengan segala ideologi didalamnya menjadi wadah yang tepat bagi eksplorasi ekspresi kaum muda.

Anak muda cenderung akan mengidentifikasi bahkan mengimitasikan karya musik, baik secara mentah-mentah maupun kritis. Hal itu berpengaruh pada pandangan hidup, ideologi, attitude, bahkan memacu kreativitas kaum muda dalam berkarya. Tidak ada yang salah dengan itu, jika memang itulah alasan atau bahkan pemicu untuk berkarya dan menjadi kritis. Semua label negatif bisa dianggap hanya pepesan kosong yang tidak mau menerima sesuatu yang baru, yang beda, yang berontak karena kritis. Sikap konvensional hanya menang karena memang mayoritas dengan standar yang sempit.

SHARE
Sedang serius belajar komunikasi dan teater. Masih belum mampu untuk membedakan antara realis dan absurd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here