Yang Layak Diperhatikan dan yang Layak Dicaci

0
5

Gangguan mental bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan mental bukan hanya berarti gila, atau lazimnya orang yang berkeliaran di jalanan dengan badan dekil dan tak terurus, tanpa tujuan dan kerap tertawa atau menangis sendiri. Penyebab gangguan mental bervariasi dan pada beberapa kasus tidak dapat diketahui secara pasti. Penyebab itu bisa dari faktor genetik, efek tekanan lingkungan, maupun dipelajari sendiri oleh si individu dan biasanya terdeteksi dari sudut pandang kebiasaan atau budaya.

Kesehatan jiwa patut mendapat penanganan yang tepat dan serius. Tidak hanya dari pihak medis tapi juga dari orang-orang terdekat. Mereka yang menderita gangguan kejiwaan adalah juga saudara kita, mereka berhak mendapat respek dan perlakuan yang sama seperti orang normal, daripada celaan atau tertawaan.

Mereka juga berhak memperoleh kesembuhan dan kehidupan yang lebih baik. Tampaknya pemerintah pun tahu itu, dan tahun ini ada RUU Kesehatan Jiwa yang diprioritaskan di DPR. Tapi belum disahkan pun, RUU ini sudah rentan akan penyalahgunaan. Pasal-pasal yang multitafsir dan berbelit-belit dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh para koruptor agar kebal hukum. Wah. Ya berarti sudah jelas siapa yang jiwanya terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here